Stats

Friday, April 12, 2013

Kemenag Ciamis Gelar Orientasi Hisab Rukyat

Tidak kurang dari 350 orang mengikuti orientasi Hisab Rukyat dan penentuan Arah Kiblat yang diselenggarakan atas kerjasama antara Kelompok Kerja penghulu ( POKJAHULU) dengan kelompok kerja Penyuluh ( POKJALUH ) Kementerian Agama Kab. Ciamis yang dilaksanakan di gedung Puspita Kab. Ciamis, Selasa (12/12).

Peserta Kegiatan tersebut terdiri dari unsur Penghulu P3N, Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Pengurus Pesantren dan ORMAS.



Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Drs. HM. Athoillah, M.Ag. mengatakan untuk menentukan awal bulan Qamariyah dapat menggunakan berbagaimacam metoda antara lain metoda perhitungan Sulamunayirain yang biasa digunakan di Pondok Pesantren atau di Perguruan Tinggi Islam. Demikian juga untuk menetukan Arah Kiblat dapat menggunakan metoda praktis yang dijelaskan dalam buku beliau yang berjudul, Petunjuk Praktis Hisab Sulamunayirain dan Penentuan Arah Kiblat.

Dalam Kesempatan yang sama Kepala Kementerian Agama Kab. Ciamis, Drs. H. Yusuf, M.Pd mengatakan kegiatan ini perlu dilaksanakan secara rutin dan terus menerus agar seluruh elemen kementerian Agama dapat memahami persoalan ini dan merupakan sebuah mimbar akademik dilingkungan Kementerian Agama Kab. Ciamis, apalagi kegiatan ini difasilitasi oleh Pokjahulu dan Pokjaluh sebagai ujung tombak Kementerian Agama di masyarakat.Narasumber dari IMO mengatakan hal ini sebetulnya bukan permasalahan yang sulit tinggal bagaimana memahami metode yang dipakai untuk perhitungan dan penggunaan alat secara maksimal baik kompas maupun yang lainnya. Untuk membantu menggunakan alat tersebut Narasumber dari IMO membuat alat alat bantu yang dilengkapi dengan petunjuk praktis alat bantu tersebut dinamakan MIZWALA.

Sementara itu Ketua Panitia penyelenggara, Nana Supriatna, MA menyampaikan Kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut peringatan HAB ke-66 Kementerian Agama dengan maksud agar para Tokoh Agama di daerah senantiasa memahami tentang penghitungan Hisab Rukyat dan Penentuan Arah Kiblat narasumber yang dihadirkan pada Kesempatan tersebut Kabag TU Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, Drs.H.Moh. Athoillah, Hendro Setianto dari Indonesia Mobile Observatory

Sumber: Kemenag




Related Articles:

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More