Stats

Friday, April 12, 2013

Jabar Distribusikan Naskah UN 2013

Dinas Pendidikan Jawa Barat serta panitia pelaksana dan pengawas ujian nasional dari perguruan tinggi mulai membagikan soal dan lembar jawaban ujian tingkat SMA sederajat ke-26 kota dan kabupaten, Jumat, 12 April 2013. Penyerahan naskah dari percetakan dilakukan di area gudang di Cibitung, Bekasi. "Setelah dicek lagi jumlahnya, langsung dikirim ke kota dan kabupaten," kata humas panitia pelaksana, Wakhudin, kepada Tempo, Jumat, 12 April 2013.

Menurut Wakhudin, pengiriman naskah soal dan jawaban diprioritaskan ke daerah yang terjauh, misalnya Ciamis dan Pangandaran. Kedatangan naskah ujian nasional di daerah bisa malam atau Sabtu pagi, 13 April 2013. Sesampainya di daerah, naskah diamankan di tempat penyimpanan lalu dibagikan sesuai data ke rayon-rayon atau kumpulan sekolah. "Pengiriman naskah dikawal petugas kepolisian dan panitia pelaksana," katanya.



Pengamanan soal kali ini, ujar Wakhudin, lebih ketat dibanding di tahun sebelumnya. Sekarang tiap kotak naskah memakai tiga gembok yang kuncinya dipegang masing-masing oleh petugas kepolisian, panitia pelaksana dan pengawas dari perguruan tinggi, serta perwakilan Dinas Pendidikan kota atau kabupaten. "Tahun sebelumnya ada tiga kunci untuk satu gembok kotak naskah," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyudin Zarkasi mengatakan, total siswa SMA sederajat yang akan ikut Ujian Nasional 2013 sebanyak 415.978 orang. Sebanyak 162.471 berasal dari SMA dan Madrasah Aliyah, dan 217.702 peserta dari SMK. Adapun peserta ujian dari program paket C sebanyak 35.805 orang.

Ujian Nasional tingkat SMA sederajat akan digelar pada Senin, 15 April hingga Rabu, 17 April 2013. Soal ujian kali ini dibuat dalam 20 jenis per ruangan untuk menghindari kecurangan.

Sumber: Tempo




Related Articles:

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More